5 Cara Membuat Lovebird Anda Bermental Baja

Banyak LM (Lovebird Mania) yang kebingungan bagaimana cara agar lovebird yang dia punyai mempunyai mental yang "tahan banting" di lapangan. Berbagai cara mereka lakukan, yahh perlu diakui cara mereka ada yang berhasil, ada juga yang "belum berhasil". Oleh karena itu, saya rangkum cara-caranya dari berbagai LM.

1. Memandikannya Setiap Hari


Mandikanlah lovebird anda setiap hari secara rutin! Hal ini ditujukan untuk membuat LB gacoan anda terbiasa dengan adanya kehadiran anda (Manusia) dan lovebird anda tidak merasa terancam.

2. Jemurlah Dekat Keramaian


Penjemuran yang dimaksud disini adalah penjemuran didekat jalanan yang banyak orang lewat, atau bisa juga dekat dengan jalan raya ramai. Hal ini ditujukan untuk membuat lovebird anda terbiasa dengan suara yang gaduh dan ramai sehingga lovebird tidak akan kaget jika harus digantangkan di tempat perlombaan yang ramai dengan hiruk pikuk kicau mania. Reaksi lovebird yang belum "terbiasa" dengan keramaian biasanya akan sedikit takut dan stress. Namun ini merupakan reaksi yang wajar, toh LB anda juga akan terbiasa dengan semua ini. Jadi jangan panik dahulu!

3. Seminggu Sekali Ikut Latber


Biasakanlah lovebird anda mengikuti latber minimal setiap seminggu sekali. Bertujuan untuk membiasakan LB untuk berlomba satu sama lain.

4. Gonta-Ganti Tempat Penjemuran 


Selanjutnya adalah gonta-ganti atau pindah-pindah tempat penjemuran. Misalkan hari pertama anda jemur di depan rumah, kemudian hari kedua pindah ke belakang rumah, dan begitu seterusnya. Cara seperti ini bertujuan untuk mempercepat daya adaptasi sang lovebird jika ia harus berpindah lokasi lomba.

5. Biarkan Lovebird Beradaptasi Dahulu Sebelum Digantang 


Bagian ini merupakan tahap lanjutan setelah menjalankan tahap 3 & 4. Lovebird anda akan mudah menerima lingkungan baru dan ramai jika sudah melakukan "terapi" tahap 3 & 4. InsyaAllah hasilnya akan berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Extra Fooding Buat Lovebird

Apakah Penyebab Lovebird Turun Tangkringan? Yok Bahas!

Penting Nih!! Nih 4 Ciri-ciri Lovebird Balibu